For world peace, liberate Al-Aqsa, eliminate Israel and anyone who is with Israel, they are the real terrorists
Bacakan

Dengan serangan MITM Hacker bisa mencuri data anda

Hello sobat ickoudzer kali ini admin bakalan meberikan informasi mengenai dunia hacker, bagaimana hacker menucri informasi pribadi anda menggunakan seranagan MITM

Info: Oke sobat icloudzer jika kamu sudah penasaran dengan pembahasan kita kali ini yuk langsngbaja kita bahas bersama sama

MITM

Apa itu MITM? MITM adalah Man in The Middle yang merupakan salah satu serangan cyber yang dilakukan untuk mencuri informasi pribadi serta memata-matai korban, serangan ini cukup berbahaya karena sebagian besar orang tidak sadar bahwa mereka sedang menjadi korban, untuk menghindari serangan cyber ini, ada baiknya jika Anda mengetahui pengertian serangan Man in The Middle ini.

Pengenalan MITM

Man in The Middle atau biasa disingkat menjadi MITM adalah serangan cyber yang terjadi ketika komunikasi antara dua belah pihak atau sistem dicegat oleh pihak ketiga yaitu hacker secara diam-diam. Serangan ini dapat terjadi dalam berbagai bentuk komunikasi online, seperti email, media sosial, website, dan lain-lain.

MITM tidak hanya digunakan untuk mendengar percakapan pribadi Anda, namun juga dapat melihat berbagai informasi yang ada di dalam perangkat yang Anda gunakan. Agar lebih mudah dalam memahami serangan ini, Anda dapat membayangkan man in the middle sebagai seorang pekerja pos yang jahat.

Pekerja pos merupakan pihak yang berada di antara pengirim dan penerima surat. Pekerja pos yang jahat dapat membaca pesan pribadi yang dikirim bahkan mengedit surat-surat tersebut sebelum surat diteruskan kepada penerima yang dituju.Pada umumnya hacker menggunakan metode ini untuk menyerang bisnis SaaS, bisnis e-commerce, serta pengguna aplikasi keuangan. MITM biasanya akan memanfaatkan koneksi Wi-Fi publik untuk mendengarkan percakapan atau komunikasi yang sedang Anda lakukan.

Tanda Serangan MITM

Menggunakan open / Wi-Fi network publik. Menggunakan SSIDs (nama Wi-Fi) yang mencurigakan. Berada di lokasi dengan evil twin Wi-Fi network, yaitu ketika terdapat dua nama Wi-Fi yang terlihat hampir sama di satu lokasi yang sama, contoh: coffeeshopfreewifi dan coffeeshopwifi. Salah satuya kemungkinan adalah Wi-Fi palsu yang digunakan hacker untuk menyerang Anda.

Cara Kerja MITM

Ada dua bentuk jenis a man in the middle attack. Pertama yang melibatkan kedekatan fisik dengan sasaran yang dituju dan yang kedua hanya melibatkan malware yang dikenal sebagai serangan man in the browser (MITB ). Dengan serangan MITM tradisional, penyerang perlu memiliki akses ke router WiFi yang tidak aman atau yang kurang aman.

Jenis koneksi ini umumnya ditemukan di tempat umum dengan WiFi hotspot dan bahkan di rumah. Penyerang akan memindai router dengan menggunakan kode untuk mencari kelemahan tertentu seperti setting standar atau menggunakan password yang buruk atau lubang keamanan karena adanya konfigurasi router yang lemah.

Setelah penyerang memukan kerentanan, mereka kemudian akan menmasukkan alat-alat mereka di antara komputer pengguna dan situs yang dikunjungi pengguna. Versi kedua dari serangan MITM adalah MITB yang telah meraih popularitas dari para kriminal dunia maya karena kemudahan eksekusi. Dengan serangan man in the-browser penyerang hanya perlu untuk menyuntikkan malware ke dalam komputer yang kemudian akan menginstal sendiri ke dalam browser tanpa sepengetahuan pengguna dan kemudian akan mencatat data yang sedang dikirim antara korban dan situs yang khusus ditargetkan, seperti lembaga keuangan yang telah dikodekan ke dalam malware. Setelah malware mengumpulkan data spesifik yang diperlukan kemudian data tersebut dikirim kembali ke penyerang.

Pencegahan

Berhati-hatilah terhadap email phishing dari penyerang yang meminta Anda untuk memperbarui sandi atau detail login lainnya, Jangan mengklik di link yang diberikan dalam email tersebut, ketik manual alamat situs di bar URL browser Anda. Pastikan HTTPS selalu di bar URL dari situs yang Anda kunjungi. Jangan terhubung ke Wifi publik secara langsung jika memungkinkan.

About the Author

Keindahanmu akan kuabadikan disetiap karyaku.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.