For world peace, liberate Al-Aqsa, eliminate Israel and anyone who is with Israel, they are the real terrorists
Bacakan

Sempurnakan wudhu dengan istinsyaq dan Istintsar

Istinsyaq adalah sunah dalam wudhu, yaitu menghirup air ke dalam rongga hidung.Dalam kitab Al Mughni karya Ibnu Qudamah Al Maqdisy disebutkan istinsyaq itu mengisap air dengan hirupan nafas masuk ke pangkal hidung. Rasulullah menganjurkan istinsyaq sebagaimana hadist Nabi dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 
إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَنْشِقْ بِمَنْخِرَيْهِ مِنَ الْمَاءِ ثُمَّ لْيَنْتَثِرْ
"Jika salah seorang di antara kalian berwudhu, maka hendaklah ia menghirup air ke lubang hidungnya (istinsyaq), lalu ia keluarkan (istintsar).” (HR. Muslim, no. 237)

Manfaat Istinsyaq dan Istintsar
 

Sepertii kita ketahui bahwa lubang hidung merupakan salah satu jalan masuk kotoran dari luar ke dalam tubuh. 

Apalagi sekarang udara bersih dan sehat sudah sangat langka akibat polusi dari asap kendaraan bermotor. 

Untuk itu sebaiknya kita melakukan istinsyaq dan istinstar ini dengan benar, agar hidung sebagai jalan masuknya udara senantiasa bersih dari kuman, virus, dan bakteri. 

Banyakk orang yang melakukan kesalahan ketika menghirup air lewat hidung, seperti hanya membasahi jari tangannya lalu memasukkan ke dalam hidung, ada juga yang hanya menyentuhkan air ke pangkal hidungnya tanpa menghirup air. 

Secara ilmiah telah terbukti bahwa banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari aktivitas berwudu terutama istinsyaq ini. Apabila dalam sehari kita berwudu minimal 5 kali saja saat akan salat fardhu dan setiap berwudu kita beristinsyaq sebanyak tiga kali, maka dalam satu hari kita sudah membersihkan rongga hidung dari kuman, virus dan bakteri sebanyak 15 kali. 

Selain memiliki manfaat yang besar dalam menjaga kesehatan jasmani, istinsyaq juga bermanfaat bagi kesehatan rohani, Rasulullah menganjurkan kita untuk menghirup air lewat hidung untung mengusir setan dari lubang hidung.

 
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ { إِذَا اِسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ مَنَامِهِ فَلْيَسْتَنْثِرْ ثَلَاثًا, فَإِنَّ اَلشَّيْطَانَ يَبِيتُ عَلَى خَيْشُومِهِ } مُتَّفَقٌ عَلَيْه ِ
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Saw. bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu bangun dari tidur maka hendaklah ia mengisap air ke dalam hidungnya tiga kali dan menghembuskannya keluar karena setan tidur di dalam rongga hidung itu.” (HR. Bukhari & Muslim)

Menghirup air lewat hidung lalu mengeluarkannya kembali juga dapat menggugurkan dosa, seperti dalam sabda Rasulullah :

Siapapunn yang berdiri menuju air wudunya dengan maksud mengerjakan salat, kemudian ia membasuh kedua telapak tangannya, maka turun (keluar)lah dosanya dari kedua telapak tangannya bersama tetesan air. Apabila ia berkumur-kumur, beristinsyaq dan istintsar (menghirup dan mengeluarkan air dari hidung) maka keluarlah dosanya dari lisan dan bibirnya bersama awalnya tetesan air, dan seterusnya,” (HR. Ahmad).

About the Author

Keindahanmu akan kuabadikan disetiap karyaku.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.