For world peace, liberate Al-Aqsa, eliminate Israel and anyone who is with Israel, they are the real terrorists
Bacakan

Dalil Pelarangan membunuh Orang Kafir yang Terikat perjanjian (yaitu kafir mu'ahad)




Untuk menilai kebenaran sebuah ajaran atau agama mestinya yang pertama kali diperhatikan adalah sumber agama tersebut. Sebab bisa jadi prilaku pengamal agama tidak mewakili seratus persen ajaran agama yang dianutnya. Oleh karenanya, sangat keliru jika sebagian orang menilai Islam sebagai agama teror lantaran tindak kriminal yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mengatanasnamakan Islam.

Jika merujuk kepada ajaran Islam, pembunuhan dikategorikan sebagai dosa besar setelah syirik, baik yang dibunuh muslim maupun non-muslim. Dalam beberapa hal, pembunuhan memang diperbolehkan jika sesuai dengan aturan yang berlaku. Semisal, membunuh untuk menghukum (Qisas) atau membunuh karena kondisi perperangan.

Aturan ini berlaku untuk semua kalangan baik muslim ataupun non-muslim. Berati, diperbolehkan membunuh non-muslim apabila mereka membunuh orang Islam (aturan ini hanya berlaku untuk negara yang menerapkan hukum qisas) atau karena mereka memerangi umat Islam (kafir harbi). Seperti yang disebutkan dalam surat al-Baqarah ayat 190:

وَقَاتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوا إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

“Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.”

Ibnu al-‘Arabi dalam Ahkam Qur’an menjelaskan maksud dari kalimat wa la ta’tadu dalam ayat ini adalah orang kafir yang boleh dibunuh hanya mereka yang ikut berperang saja. Artinya mereka yang tidak ikut serta berperang tidak boleh dibunuh menurut pendapat sebagian ulama. Dalam konteks sekarang berati warga sipil non-muslim juga tidak boleh dibunuh meskipun dalam konteks perperangan. Andaikan dalam kondisi perperangan saja warga sipil tidak boleh diperangi, otomatis dalam kondisi damai tentu mereka juga tidak boleh dibunuh.

Di antara orang-orang yang tidak boleh dibunuh sekalipun dalam kondisi perperangan ialah: perempuan, anak-anak, dan para pendeta. Hal ini sebagaimana yang diakatakan Ibnu al-‘Arabi:

ألا يقاتل إلا من قتل وهم الرجال البالغون، فأما النساء والولدان والرهبان فلا يقتلون

“Janganlah membunuh kecuali terhadap orang yang memerangimu. Orang yang boleh dibunuh di masa perperangan adalah laki-laki dewasa. Adapun perempuan, anak-anak, dan pendeta tidak diperkenankan membunuhnya.”

Keterangan ini menunjukan bahwa betapa besarnya penghargaan Islam terhadap jiwa manusia. Orang kafir yang boleh dibunuh dalam masa perperangan adalah mereka yang memerangi umat Islam. Apabila orang Islam perang dengan Israel misalnya, maka non-muslim yang berada di Indonesia mestinya tidak boleh diperangi. Sebab mereka tidak terlibat memerangi orang Islam.

Pendapat ini diperkuat dengan hadis yang diriwayatkan al-Bukhari:

عن عبد الله بن عمرو عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: من قتل نفسا معاهد لم يرح رائحة الجنة

“Dari Abdullah bin Umar dari Nabi SAW, ‘Siapa yang membunuh mu’ahad, maka dia tidak akan mencium bau surga”

Ibnu Muhammad al-Jaziri dalam Nihayah fi Gharib Hadis mengatakan yang dimaksud dengan mu’ahad di sini adalah orang yang memiliki perjanjian dengan orang Islam untuk berhenti berperang selama masa yang ditentukan dan termasuk juga di dalam kategori mu’ahad ini kafir dzimmi. Berdasarkan hadis di atas dapat dipahami tidak boleh membunuh non-muslim yang tidak memerangi orang Islam. Bahkan Nabi SAW mengancam pembunuh non-muslim tidak akan mencium bau surga jika orang yang dibunuhnya tidak ikut terlibat memerangi umat Islam.

Hadist Mengenai Tajuk 

Telah mengabarkan kepada kami Al Husain bin Huraits telah menceritakan kepada kami Isma'il dari Yunus dari Al Hakam bin Al A'raj dari Al Asy'ats bin Tsurmulah dari Abu Bakarah, dia berkata;

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barang siapa yang membunuh orang kafir mu'ahid tidak pada waktu halalnya maka Allah mengharamkan baginya untuk mencium bau Surga.

Telah bercerita kepada kami Qais bin Hafsh telah bercerita kepada kami 'Abdul Wahid telah bercerita kepada kami Al Hasan bin 'Amru telah bercerita kepada kami Mujahid dari 'Abdullah bin 'Amru radliallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 

"Barang siapa yang membunuh mu'ahad (orang kafir yang terikat perjanjian) maka dia tidak akan mencium bau surga padahal sesungguhnya bau surga itu dapat dirasakan dari jarak empat puluh tahun perjalanan".

Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah dari Al Hasan bin Amru dari Mujahid dari Abdullah bin Amru berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 

"Barangsiapa membunuh seorang kafir mu'ahad, maka ia tidak dapat mencium aroma surga. Dan sesungguhnya aroma surga dapat dirasakan dari jarak per jalanan selama empat puluh tahun."

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basyar, telah menceritakan kepada kami Ma'di bin Sulaiman, telah memberitakan kepada kami Ibnu 'Ajalan dari Ayahnya dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: 

"Barang siapa membunuh orang kafir mu'ahad yang berada dalam perlindungan Allah dan perlindungan RasulNya, maka dia tidak dapat mencium harumnya surga, sedangkan harumnya dapat di cium dari perjalanan tujuh puluh tahun."

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan kepada kami Ma'di bin Sulaiman, ia adalah Al Bashri, dari Ibnu 'Ajlan dari ayahnya dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: 

"Ketahuilah, barangsiapa membunuh seseorang yang terikat janji dengan kaum muslimin dan memiliki jaminan keamanan dari Allah dan RasulNya, maka ia telah melanggar perlindungan Allah dan ia tidak akan mencium bau surga, dan sesungguhnya baunya dapat dicium sejauh perjalanan tujuh puluh masa." 

Abu 'Isa berkata; Hadits Abu Hurairah adalah hadits hasan shahih. Dan diriwayatkan juga melalui banyak jalur dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

About the Author

Keindahanmu akan kuabadikan disetiap karyaku.

Post a Comment

Menghasilkan uang melalui survei berbayar
Best Viral Premium Blogger Templates from Icloudice


kami menawarkan berbagai template blogger dan produk istimewa untuk anda, support karya anak bangsa dengan membeli produk yang kami jual

Welcome to my store limited

  • Download theme blogger mirip xmlthemes

    Template mirip xmlthemes

    Template blogger terlaris nomor 1 di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia lagi Diskon 50%
    Rp.153.000
  • Download theme blogger mirip xmlthemes

    Template mirip xmlthemes

    Template blogger terlaris nomor 1 di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia lagi Diskon 50%
    Rp.153.000
  • Download theme blogger mirip xmlthemes

    Template mirip xmlthemes

    Template blogger terlaris nomor 1 di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia lagi Diskon 50%
    Rp.153.000
  • Download theme blogger mirip xmlthemes

    Template mirip xmlthemes

    Template blogger terlaris nomor 1 di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia lagi Diskon 50%
    Rp.153.000
  • Download theme blogger mirip xmlthemes

    Template mirip xmlthemes

    Template blogger terlaris nomor 1 di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia lagi Diskon 50%
    Rp.153.000
  • Cookie Consent
    We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
    Oops!
    It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
    AdBlock Detected!
    We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
    The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
    Site is Blocked
    Sorry! This site is not available in your country.